Makanan


Di Jepang, nasi adalah makanan utama. Meskipun begitu roti maupun mie juga popular. Begitu juga dengan makanan tradisional Jepang seperti tempura (makanan laut dan sayuran yang digoreng tepung), sashimi (ikan mentah yang diiris-iris), dan nigirizushi (seiris ikan mentah di atas segumpal nasi seukuran satu suap). Selain itu orang Jepang juga menyukai hamburger, kari spaghetti, pizza, makanan china dan lain sebagainya. Ada juga berbagai makanan manis, termasuk di dalamnya adalah wagashi (kue tradisional jepang) serta kue cake (bergaya barat).
NIGIRIZUSHI
Adalah segumpal nasi seukuran satu suap yang di atasnya terdapat irisan ikan mentah atau makanan laut lainnya dengan wasabi, yang dicelupkan ke shoyu (kecap asin jepang) sebelum dimakan. Biasanya makanan ini dapat dinikmati di restoran sushi.
TEMPURA
Makanan laut serta sayuran yang dicelupkan ke adonan tepung yang digoreng dengan minyak bertemperatur tinggi. Sebelum dimakan dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari shoyu.
HIDANGAN MIE
Mie soba dibuat dari sejenis gandum (buckwheat), ubi yam (sejenis ubi talas), putih telur, dan bahan-bahan lain. Sedangkan mie udon dibuat dari tepung terigu atau sejenisnya dan dipotong panjang-panjang. Mie soba dan mie udon dapat disajikan dalam sup panas maupun dingin.
WAGASHI
Kue tradisional yang dibuat dari tepung beras atau tepung sagu, gula pasir, kacang adzuki (sejenis kacang merah), dan bahan-bahan lain. Selain bentuk dan warnanya cantik, kue ini menampilkan nuansa musim-musim di Jepang, antara lain dengan tambahan daun-daun atau ranting dalam penyajian.

0 komentar:

Posting Komentar