Olahraga


Masyarakat Jepang merupakan pecinta olahraga tradisional seperti sumo dan judo. Baseball saat ini juga dianggap sebagai salah satu olahraga nasional Jepang. Untuk memperkenalkan olahraga kepada anak-anak, seluruh anggota keluarga rela untuk menghabiskan satu hari pergi menonton pertandingan. Dalam bidang sepak bola, Jepang cukup bagus karena dapat lolos kualifikasi ke pertandingan sepak bola dunia di Perancis pada tahun 1998.
SUMO
Sumo adalah sejenis olahraga gulat yang dua pesertanya hanya memakai kain yang dililitkan di pinggang dan bertanding di arena tanah. Dahulu, olahraga sumo diadakan berkaitan dengan upacara pertanian atau upacara ritual di kuil. Tetapi sekarang sumo dinikmati murni sebagai olahraga.
JUDO
Judo diciptakan sebagai bentuk latihan mental dan fisik di awal zaman Meiji (1868-1912). Kemudian judo dapat menarik perhatian internasional, dan sekarang merupakan salah satu cabang olahraga resmi di olimpiade.
BASEBALL
Baseball dapat dikatakan sebagai olahraga yang mempunyai penggemar terbanyak di Jepang dengan berkembangnya liga-liga kecil serta kelompok baseball sekolah. Tetapi puncaknya adalah dengan dibentuknya liga professional pada tahun 1930 yang mengikuti gaya-gaya liga di Amerika.
SEPAK BOLA
Sepak bola pada tahun-tahun belakangan ini mulai banyak diminati masyarakat Jepang. Pada tahun 1993 diadakan liga Jepang (J. League) yang merupakan liga sepak bola professional Jepang yang pertama. Piala dunia tahun 2002 diadakan dengan kerjasama antara Jepang dan Korea.

0 komentar:

Posting Komentar