Wilayah Jepang


AREA
Jepang mempunyai daratan yang luasnya 380.000 km, yang merupakan 1/25 ukuran Amerika dan setengah ukuran Chili, sekitar 1,5 kali ukuran Inggris, serta 1,3 kali ukuran Philipina. Sebagian besar daratan Jepang merupakan lahan hijau dengan 67 % daratannya terdiri dari hutan, dan lahan pertaniannya sekitar 13 %.
POPULASI
Total populasi penduduk Jepang pada tanggal 12 Oktober 1999 sekitar 126.500.000, yang merupakan populasi ke-9 terbesar di dunia. 44 % dari populasi tersebut berkonsentrasi di tiga kota metropolitan (Tokyo, Osaka, dan Nagoya) yang luasnya 6 % dari seluruh daratan Jepang.
TOKYO
Ibu kota Jepang adalah Tokyo, yang merupakan kota besar dengan populasi sekitar 11,9 juta penduduk. Di Tokyo banyak terdapat gedung-gedung pemerintahan seperti Gedung Parlemen Nasional, Pengadilan Tinggi dan juga Kementrian serta kantor-kantor perwakilan, yang menjadikan Tokyo pusat politik Jepang. Selain itu, Tokyo juga dikenal sebagai pusat perekonomian, dengan banyak perusahaan berlokasi di kota ini. Tokyo mempunyai banyak fasilitas keebudayaan, perusahaan surat kabar, dan stasiun TV yang membuatnya menjadi pusat kebudayaan dan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar