Musim di Jepang


Iklim di Jepang tidak sama di seluruh bagian karena bentuk negaranya yang memanjang dari utara ke selatan. Tetapi hampir semua bagian daerah Jepang mengalami empat musim, yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Masyarakat Jepang sangat memperhatikan perubahan musim-musim ini dan menyesuaikan dengan kehidupan mereka.
MUSIM SEMI
Dinginnya musim dingin mulai berganti dengan angin hangat yang bertiup dari arah selatan, dan pohon plum serta sakura mulai indah bermekaran. Tahun ajaran baru dan perkantoran dimulai pada tanggal 1 April bertepatan dengan musim ini.
MUSIM PANAS
Seluruh Jepang (kecuali Hokaido) mengalami musim hujan tsuyu dari bulan Juni sampai Juli. Setelah itu tibalah musim panas dengan panas dan kelembapan yang luar biasa. Sekolah dan perkantoran libur, sehingga banyak orang menikmati kegiatan santai seperti berkemah, pergi ke pantai atau kolam renang, serta mendaki gunung.
MUSIM GUGUR
Panas dan lembab masih tersisa di musim gugur. Angin topan mulai menyerang, khususnya di daerah Jepang bagian barat. Ditambah dengan adanya hujan deras mengakibatkan iklim tidak stabil. Tetapi jika periode ini sudah berlalu, kita akan menikmati indahnya dedaunan dan buah-buahan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan, karena musim ini merupakan musim panen.
MUSIM DINGIN
Musim dingin di Jepang sangat dingin. Daerah bagian utara dan tengah yang diselimuti salju merupakan tempat yang tepat untuk bermain ski.

0 komentar:

Posting Komentar