Masa Orientasi


Masa Orientasi, tentunya istilah ini sudah banyak didengar di telinga masyarakat. Banyak siswa baru yang beranggapan bahwa masa orientasi ini adalah masa-masa menegangkan.
Di tahun ajaran baru ini, sedang marak-maraknya dibicarakan bahwa masa orientasi saat ini banyak dihiasi oleh tindak-tindak kekerasan yang tidak sepatutnya diterapkan dalam menyambut mental siswa baru.
Hemmmmm………!!!!!!!! Ada lho senior yang masih belum menyadari apakah tindakan yang diberikan pada junior mereka merupakan tindakan kekerasan atau tidak. Cara memperlakukan siswa baru tidak harus dipukuli atau disemprot dengan kata-kata kasar segala! Kalau ingin membuat siswa menjadi disiplin kan bisa melalui PBB (baris-berbaris)!
Denger nggak….???!!!!! Ada siswa SMA baru yang meninggal karena kegiatan masa orientasi siswa yang diadakan di sekolahnya. Diduga siswa baru ini meninggal karena kelelahan oleh tugas-tugas berat yang diberikan saat masa orientasi. Bagaimana para senior sekarang setelah mengetahui kasus ini? Masih mau menerapkan tindak kekerasan pada junior???!!!
Ini kasus lagi yang saya ulas dari tahun 2004. Senior perguruan dalam negeri (Sory yach….tidak akan saya sebutkan namanya. Nanti kalau saya sebutkan namanya, saya dituntut sebagai pencemar nama baik!!!) nggak usah pakai kekerasan donk senior!!!! Sampai-sampai para junior dipukuli dan ditendang segala!!! Tuh…. Banyak yang meninggal!!! Emang situ mau dibalas perlakuannya oleh para junior dan dikeroyok rame-rame??? Disiplin ya disiplin….tetapi nggak perlu sampai dipukuli segala kan!!! Nggak bikin disiplin, malah bikin sakit hati dan pengen balas dendam!
Hayo….. siapa yang setuju….nanti kalau diperlakukan kekerasan oleh senior, hayo seniornya dikeroyok bareng-bareng….!!!! Setuju..?? (Ah….enggak, Cuma bercanda…kita para junior kan manusia yang mempunyai hati nurani yang enggak akan memperlakukan tindak kekerasan kelak jika kita menjadi senior!!!!)
TIPS UNTUK PARA SENIOR YANG MAU DIANGGAP MEMPUNYAI HATI NURANI:
Sebaiknya kegiatan masa orientasi siswa diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti lomba cerdas cermat, ataupun lomba yang mendidik yang menguji ketangkasan dan prestasi siswa. Untuk melatih disiplin melakukan kegiatan PBB (baris-berbaris). Pastinya para senior tidak mau kan dijuluki sebagai senior yang killer, judes, bengis, kejam??!!! Makanya, jangan sekali-kali melakukan tindak kekerasan, jika tidak mau dikeroyok oleh para junior.

Bagi para pembaca yang tertarik dengan topic ini, silahkan ungkapkan komentar-komentar kalian dalam posting ini!!!

1 komentar:

Semut-semut kecil mengatakan...

Masa orientasi???Q paling gak mood,coale biasanya dikerjain ma kakak kelas.Tapi yo lumayan enak lah,coz bisa kenal kakak kelas n teman2,yang lebih bagus lagi melatih disiplin.

Posting Komentar