Crocodile Hunter


QUEENSLAND - Steve Irwin, si pemburu buaya yang aksinya ditayangkan rutin di jaringan televisi Discovery Channel, tewas setelah digigit stingray saat menyelam di Great Barrier Reef, Australia. Pria 44 tahun yang biasanya tanpa ragu memasukkan kepalanya ke dalam mulut buaya itu meninggal setelah gigitan binatang laut sejenis ikan pari tersebut mengenai hatinya.

Musibah itu terjadi saat Irwin tengah melakukan pengambilan gambar di bawah laut. Begitu tahu Irwin mengalami musibah, anggota kru di kapal Irwin, Croc One, memanggil petugas kesehatan darurat yang paling dekat dengan kota tersebut, Cairns. Di atas kapal yang melaju ke Pulau Low Isle untuk bertemu dengan helikopter penolong, petugas sempat melakukan CPR, pertolongan pertama untuk korban jantung berhenti.

Sayang, usaha itu gagal. Petugas kesehatan mengumumkan bahwa pria Australia yang wajahnya di Indonesia sering muncul di Lativi tersebut meninggal beberapa saat kemudian.

Nama Irwin begitu terkenal atas antusiasmenya yang sangat tinggi pada kehidupan binatang liar. Kata terkenalnya, crikey, biasa diucapkan saat membawakan acara Crocodile Hunter yang ditayangkan pertama di Australia pada 1992 dan berlanjut ke seluruh dunia lewat jaringan Discovery Channel.

"Dunia kehilangan satu ikon hebat pecinta kehidupan binatang liar, seorang pelindung lingkungan yang begitu bergairah, dan seorang ayah paling membanggakan di dunia ini," kata John Stainton, teman Irwin yang juga produser acara, dalam sebuah pernyataan resmi. "Dia meninggal saat melakukan apa yang disukainya dan meninggalkan dunia dengan pikiran senang dan bahagia," lanjut Stainton.Dedikasi Irwin yang tinggi kepada perlindungan lingkungan mengantarkan dia sebagai seorang yang sangat kritis terhadap perburuan satwa liar di Australia. Pemerintah federal akhirnya membatalkan rencana mengizinkan safari buaya bagi para turis kaya di wilayah tenggara Australia setelah dia mengajukan keberatan.

Lewat program televisi A Current Affair, Irwin mengatakan, "Membunuh satu dari koleksi binatang kami yang cantik ini dengan alasan untuk mendapat trofi berburu akan memberi hasil negatif pada pariwisata kita."

Meski begitu, Irwin pernah punya berita negatif. Pada Januari 2004, dia membawa anaknya yang masih berusia satu bulan ke dalam kandang buaya dalam satu pertunjukan. Dia memegang anaknya dengan satu tangan, sementara tangan satunya memasukkan daging ke dalam mulut binatang reptil sepanjang 13 kaki itu. Pihak berwajib menolak menahan Irwin atas tuduhan pelanggaran kebijakan keamanan.

Irwin meninggalkan seorang istri warga negara Amerika, Terri, seorang putri Bindi Sue, 8, dan anak laki-laki, Bob, yang akan berusia 3 tahun pada Desember mendatang.

Pasangan suami-istri itu bertemu saat Terri berkunjung ke Australia Zoo, tempat Irwin bekerja, pada 1991. Mereka menikah enam bulan kemudian setelah pertemuan itu. Kadang, Terri muncul pada acara sang suami. Dia berperan sebagai pemburu buaya wanita. Terri juga pernah mendampingi suaminya dalam film The Crocodile Hunters: Collision Course produksi 2002.

Stingray memiliki bentuk tubuh pipih dan ekor datar dengan tulang belakang bergerigi yang berisi bisa serta mengakibatkan luka dan lubang. Binatang itu biasanya bersikap tenang. Dia baru agresif ketika seorang perenang atau penyelam dengan tidak sengaja menginjak salah satu bagian tubuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar